Mahalnya sekolah!

Posted: July 27, 2011 in Family, Life

Iya! gue salah satu emak yang pusing dengan biaya sekolah yang makin lama makin mahal aja. berhubung yumi udah naik kelas ke Nursery, yang tadinya seminggu 3x, sekarang menjadi setiap hari. dan tentu saja uang sekolahnya pasti naik. belum di tambah yang buku (iya, masuk nursery uda ada buku), uang seragam, uang ekskul (per sekali masuk kelas Rp 50.000, kalau ambil 2 ekskul jadi Rp 40.000).

memang kog sejak masuk sekolah, perkembangan yumi maju drastis. ngomong makin pinter, ngeles apalagi. uda bisa nyanyi. bisa doa. bisa pake baju / celana sendiri. bahkan ke toilet pun sebenernya dia uda ga usah di bantu karna uda bisa smua sendiri kecuali kalau (maap) pup, dia perlu bantuan buat di cebok. kalo cuma pipis mah dia bisa cebok sendiri hahaha 😀 soal fisik, jangan di tanya deh. ini anak tenaganya kuat banget dan berasa kayak iklan batere energizer itu loh. ngga ada abis2nya. di rumah kaga bisa diem! dia bisa diem 10 min aja gue uda ngurut dada. bentar kamar dia di berantakin, bentar lari ke kamar gue yang tentu saja di berantakin juga. kalo di suru beresin, dia bisa ngejawab “mommy can tidy up” atau “sus can tidy up”. mateng deh lu. sampe gue uda pake acara jerit ala mariah carey, baru deh dia mau beresin maenannya. kalo susternya yang suruh beresin mah jangan ngarep deh di beresin. berantakannya itu bener2x berantakan loh. 1 kamar kayak kapal pecah. semua maenan di keluarin padahal ngga semua mainan di maenin! -__-; eh jadi ngalor ngidul ceritanya. balik lagi ke sekolah 😛

jadi taon ini, uang sekolah yumi tuh uda USD. 800/term yah. pake USD soalnya dia sekolah di sekolah internasional. jadi tiap saat mau bayar uang sekolah, gue udah jampi2x semoga dollar turun di titik paling rendah whahhahah 😀 kalo bisa sekalian jadi kayak jaman dulu cuma Rp 2500! kwkakkaaak 😛 bahagia deh gue pasti 😛 bayangin kalau baru nursery aje uang sekolah tuh uda 800 dollar, gimana si richie nya??? dan gimana waktu mereka SD, SMP, SMU, kuliah?? tiap taon biaya pendidikan naik. dan naiknya ngga kecil loh. bisa sampe 10% per tahunnya. pengen garuk – garuk tanah deh rasanya T_T~

untuk 1 anak aja bayar uang sekolahnya uda pusing ngeliatin angka 0 nya. pengennya sih itu 0 gue gelindingin semua kalo bisa. apalagi biaya untuk 2 anak ya?? gue ama suami sih uda mikirin biaya sekolah mereka untuk kedepannya. uda nabung di reksadana, uda nabung di insurance, sampe investasi. itungannya kalau mereka uda di masukin ke tabungan itu dari sejak bayi, at least waktu gede untuk biaya sekolah uda keliatan hasilnya ya. meski gue masi berharap sih biaya pendidikan bisa turun jadi sisanya buat gue jalan2x aja wkakakak 😀 gue sampe empot2an juga loh tiap bulan bayar asuransi dan tabungan lainnya. tapi demi masa depan 2 unyil, yah di bisa2in deh daripada nantinya mereka masuk sekolah yang jauh di bawah standar.

gue kemaren ini iseng2x sih nanya kk ipar gue yang anaknya taun ini di sekolahin di Binus. uang pangkal sampe SD doank aja udah 70jt. dan biaya uang sekolahnya 5jt/bln. gubrakkkkk.
masi ada ga sih jaman sekarang yang sekolahnya masih bagus dengan uang sekolah cukup 1jt/bln dan uang pangkal di bawah 10jt aje? wkakakakaak =)) kalo ada, yuk silakan di info-in nama sekolahnya 😛 gue lebih prefer sekolah katolik yah karna biasanya mereka lebih disiplin. hmm menurut gue sih ya yang lulusan sekolah katolik *subjektip amet sih lu* wkakkaka 😀

gue bingung loh, kenapa ya uang sekolah naeknya drastis amet tiap tahun? gimana kabar orang yg kurang mampu ya? emang sih uda ada sekolah gratis saat ini. tapi apa iya bener2x bagus? tau sendiri Indonesia tercinta ini kan UUD smua. apa iya yg gratis itu bagus? 😀 lah wong banyak bener yang gue liat sekolah – sekolahan kerjaan muridnya kog tawuran mulu. emangnya di sekolah di ajarinnya tawuran ya? kayak nggak berpendidikan aje gitu.. -__-;

berandai – andai..kapan ya biaya pendidikan jadi murah? masa iya lama – lama mending tuh anak gue sekolahin aja smua ke luar negeri karna bentar lagi juga biayanya ga beda jauh =))

Advertisements
Comments
  1. Arman says:

    mahal amat ya… $800 per term itu 1 term nya berapa bulan mei?
    gile inget2 dulu uang sekolah gua cuma 25rb per bulan. huahahaha

    • Mei Mei says:

      cepet amet lu komennya man whhahahah ga tidur apa yaaa
      $800 itu utk 3 bulan man. mahal ya 😦
      dulu gue sekolah smu aja cuma 20rb. kuliah cuma 3,5jt-an uda utk setaon =))

  2. babyclo says:

    iya mei.. gw juga baru kemaren bayar uang sekolahnya clo1 dan langsung ciut.. kalo jumlahnya itu dikali 2 (buat anak ke-2) ga mampu deh.. kayanya buat anak ke-2 ga sanggup sekolahin disitu.. sedih juga sih soalnya sekolahnya clo1 skg walopun bukan int’l school tapi cukup bagus menurut standard gw..

    pada saat anak2 kita smp-sma, sekolahin mereka di jkt dan di luar negri udah sama biayanya.. jadi tinggal tambahin nabung buat biaya hidupnya mereka disana..

    • Mei Mei says:

      clo sekolah dimana xiao?? mahal nian yah sekolah sekarank 😦 gue tetep masukin richie ke sekolah yg sama sih ama yumi. soalnya dpt potongan uang pangkalnya 50% kalo adiknya juga sekolah sana. kan lumayan banget hahahhaha =D uang pangkal yumi tuh $550. jadi potong 1/2 nya kan jadinya murah xiixixixi kalo cari sekolah baru musti bayar full. amit2 deh ogah gue kakkakaka

      iya tuh! gue juga mikirnya begitu. gede sekalian di lempar ke luar negeri aje. biayanya uda ga beda jauh ini =_=;

  3. ke tzu chi di pik mei. lbh murah dibanding binus. bisa bayar tahunan uang pangkalnya.
    ada belajar budi pekerti, fasilitas oke.lihat2 aja nanti pas open house.

    baru buka tahun ini, dan gila ramai sekali. udah pada booking untuk tahun depan katanya.. glek..

  4. Elrica says:

    Mati deh mei, usd 800/term??
    Nanti giliran gw punya anak bayaaar berapaaaaaa?

  5. pitshu says:

    huah Yumi makin besar, tambah cantik aja 🙂

  6. Pucca says:

    sekolah emang skarang mahalnya ampun2, gua jadi pengen bisnis sekolah aja.. kayanya untung yah..

  7. cominica ai says:

    wah yumi lucuuu bangeeettttt, hehehehe
    jadi serem mo punya anak nanti (nikah aja belon), sekolahnya mahaaalll gila! hikssss

  8. Felicia says:

    Mahal amir ya Mei…70jt udah bisa pp dr sini ke indo buat ber3 – 2x pulak….hahaha…
    Gaji guru2 sekarang udah tinggi2 juga dunk kalo uang skulnya mahal :p

  9. tjenarvi says:

    Sekolah Tzu Chi di PIK ga ajarin Buddha, tanya aja guru2nya….mereka fokus ke budi pekerti dan kreatifitas… jgn dipikir sekolah basis Buddha, nanti anak2nya diracunin otaknya dicuci dengan ajaran2 Buddha, kaga donk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s